Langkah yang ditempuh Yamaha 2013 ini, bagaimana menurut Bro semua ???

Dari bocoran – bocoran yang ada selama ini, baik itu mengenai Market Condition, Market Planning for next year until next three years, New Product, dll, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar langkah yang ditempuh Yamaha adalah Menyerang secara Agresif di Matic, Menyerang di Moped, dan bertahan di Sport.

Tentu hal ini merupakan langkah antisipatif yang diambil oleh decision maker YIMM sebagai reaksi atas kondisi yang terjadi 2 tahun belakangan ini. Yamaha yang “kecolongan” di matic tentu harus berupaya mengembalikan kejayaannya, apalagi tendensi pasar matic yang juga semakin berkembang belakangan ini.  Hal ini sangat nampak pada product planning Yamaha yang akan menggelontorkan 3 matic baru di tahun 2013 ini, yaitu Xeon RC, Mio GT, dan….. sebut saja Xxx 125. Menurut saya langkah ini memang wajib ditempuh Yamaha agar tidak makin tertinggal di kategori yang sedang berkembang secara luar biasa ini. Bahkan seharusnya Yamaha lebih berani memasukkan produk FlagShip Matic nya, untuk mengangkat kembali Image Brand Yamaha di kategori matic ini.

Yang kedua, Yamaha masih Pede dengan kurang nya distribusi Jupiter MX selama ini terutama untuk wilayah di luar pulau jawa sehingga apabila produksi ditambah masih akan mampu terserap meskipun tanpa mengimplementasikan teknologi injeksi. Ditambah lagi Yamaha masih sangat berharap pada Jupiter Z FI, dan next produk nya yaitu Vega ZR FI. Jadi, hanya dengan menggerakkan satu benteng yaitu Vega ZR FI untuk menjaga pasar bebek, Yamaha merasa hal itu sudah cukup.

Menurut saya, pertarungan tidak akan menjadi seimbang hanya dengan mengubah Vega ZR menjadi Vega ZR FI. Bagaimanapun, penerimaan pasar low end terhadap teknologi injeksi tentu lebih membutuhkan waktu, selain itu, saya tidak melihat reaksi pasar yang cukup bagus pasca diimplementasikannya teknologi injeksi pada Jupiter Z. Lantas bagaimana pula apabila Honda mengeluarkan Blade n Revo Injeksi, dimana saat ini Honda sudah sangat siap untuk hal itu. Bagaimanapun Honda bukan sebuah sandack yang akan diam saja ketika dipukuli. Jadi menurut saya, perhitungan Yamaha di pasar bebek ini masih terlalu mentah. Bagaimana menurut Bro semua? Mungkin ada yang punya pendapat lain, silahkan di share di sini.

Terakhir mengenai kasta sport. Hingga saat ini, memang tahta sport masih dipegang oleh Vixion. Yamaha masih menang mutlak di sport. Mungkin inilah pertimbangan mengapa Yamaha akan tidak fokus di Sport untuk tahun ini. Menurut saya, saat ini Yamaha sedang lengah di Sport dan hal ini dibaca dengan sangat baik oleh Honda dengan meluncurkan Sport barunya Verza 150 dengan harga yang spektakuler. Jadi, tahun ini meskipun secara angka Market Share tahta sport mungkin belum diraih Honda, namun secara kepuasan pelanggan, Honda sudah menang. Bagaimana pula menurut pendapat Bro sekalian??? Silahkan dishare…

Semoga diskusi ini panas, menarik, namun tetap sehat…. Hatur Nuhun….

 

Salam,

 

Tukang Pipa

About these ads

47 thoughts on “Langkah yang ditempuh Yamaha 2013 ini, bagaimana menurut Bro semua ???

  1. banyak yg mengharapkan sesuatu yg lebih dari yamaha dari produk2 yg ada saat ini seperti notor sport yg ada di india tapi yamaha punya planning melawan arus keinginan konsumen indonesia, hebat di moto gp masa motor sport terlaris vixion 150 cc buat indonesia, paling salut sebetulnya sama kawasaki bejubel motor sportnya walau lakunya bagai langit dan bumi dengan bebek, tapi image motor sport ya kawasaki, semoga para pemimpinnya sadar akan keinginan masyarakat indonesia, survei surveinya kalau saya bilang ABS

  2. xeon RC ga bakal bisa berbuat banyak.
    vario125 terlalu menawan hati konsumen.
    ga tau nasib mioGT nanti gimana.
    semoga bisa adu jualan sama banyak dengan beatFi.
    kelas sport yamaha sepertinya lagi rawan.
    coz pasukan sport honda lagi mengincar tahta vixion.

  3. Opini yang oke Bro Tukang Pipa. Tambahan dari saya, YIMM Mestinya mengijeksikan semua varian bebeknya. Di Matik selain menginjeksikan semua model juga mendatangkan Tmax atau Majesty buat mengangkat Image. Di Sport, Vixion fairing atau R15 mesti udah di launching di sini. Riset buat 250 CC juga jangan lambat2. Terlalu pelan pasti tergilas kompetitor. Apalagi pemegang Market Share no 2 wajib lebih agresif memberikan produk2 yang baru dan upgrade yang lama. Persaingan yang sehat menghasilkan produk2 yang berkualitas dan ber value.

  4. kalau yimm mau borong, msh ada fillano dan nouvo sx. head to head scoopy I dan next airblade. kalau ttx kyknya gak mungkin deh mengingat yamaha sangat ogah pada pasar sempit

  5. klo mnurut saya, moped plan2 di tinggal ga mslah, fokus di matic n sport, dari fungsi, kenyamanan, harga dll aja matic isa gnti in moped.

    klo sport untuk yg hobi motor trutama so pasti jrang ada yg mao bli yg tanggung2, untuk verza mngkin ga bgitu pngaruh, toh fitur jauh dari v ixion.

    klo g mending bli tvs ato bajaj dari pada verza.

  6. heran sbnarny ma konsumen indonesia, koq yakin amat ama honda? toh hmpir smua produkny yg “skarang” cacatnya nampak bgt n parah, tp masi di bela n di beli.

    vario kuat ngorok, cb streeet uda karatan, blade kyk siput aja.
    laen ny model jadul, tebeng getar, mesin garing.

    klo yamaha kaga ada hal macam gt. tp masi plih honda, ntah bego ato tolol

    • kalau situ suka ama merk tertentu ya gpp bro, namanya selera, yang jadi masalah jangan maksa seleramu ke orang lain..orang lain juga punya selera masing2…jangan ngebego2in atau ngetololin orang..grow up bro…!!

    • untuk bro titit alay diatas …. kalo elu orang yamaha sebaiknya bikin iklan di koran seperti tulisan luh diatas , jangan omong doang ….atau lu datangin satu2 yang punya motor honda trus lu omongin apa yang lu maksud diatas …..jangan ngebacot disini doang wekekek :D

    • Setiap orang bebas memilih motor apa yang disukainya bro.. Itulah untungnya perseteruan hondut sama yamaho, berlomba mengeluarkan motor dengan teknologi teranyar.. lagi2 yang diuntungkan konsumen. Atau kalo bro benar berarti orang lain lebih tolol dari anda ya…

  7. Harusnya Yamaha ƍªќ usah terpancing ma honda.
    Yamaha harusnya PD mencari celah MS walopun cuma seumprit.
    Mang mgkin product Yamaha bgs tp org dah terlanjur dengan opini bahwa mtr Honda selalu irit,harga jual tinggi,plg bgs dikelasnya , tapi kan ƍªќ semua sperti itu.
    Bagusin semua productnya adja berkualitas(trus Ɣǟ ptg jg modele Ɣǟ bgus jgn culun) buat nomor satu pelanggan setia, serta murahkan spare part n jgn sampe nggu lama kalo beli spare part

  8. YG JELAS MARKET SHARE SPORT JG AKAN DIAMBIL ALIH HONDA.
    YAMAHA AKAN KEMBALI DI SEKITAR 20% AJA.
    HONDA AKAN DIGDAYA DIATAS 70% .
    DAN ITU SUDAH GEJALA GLOBAL

  9. Klo ke ingina FBY sih,, minta ampek merengek2 buat R15 di masukin indonesia! Padahal harganya Rp. 40juta’an!
    Ngipi apa ya fby?

  10. Yap… telat mikir, melawan arus keinginan konsumen. dan ketidak mampuan merawat asset yang bikin ms YIMM terjun bebas sekitar 15% ! Liat aja, telur emas YIMM itu ada di matic dengan Mio Sportynya. Dirawatkah? Tidak! Lima tahun tuh matic gitu-gitu aja. Konyolnya, ketika berubah jadi MioJ, kekuatan yang ada pada Mio Sporty (dimensi, desain dan performa) dipreteli begitu saja. MioJ pun berubah jadi kliatan gendut, culun dan lmot (dari Mio lawas. Gue ngerasain tarikan SoulGT gue kalah nyoss sama MioSoul). Desain yang terlalu feminin MioJ — padahal banyak para alay kepincut matic ini — semakin membuat ms MioJ ini tergerus. Sepertinya R&Dnya gak tahu apa yang membuat Mio Sporty jadi raja lima tahun. (Saat spyshoot MioJ dulu, sudah diingatkan: MioJ dirombak total, atau gak usah diluncurkan sama sekali). Hasilnya …. kita tahu, jualan MioJ gak pernah lebih dari 60rebuan/bulan. Jauh dari pencapaian MioSporty.

    YIMM mau bangkit? Momentumnya sudah lewat! Mestinya di 2011 yang lalu. Lagian, mau ngelawan pake apa? Kini, matic apapun yang akan dibrojolin YIMM, akan dengan mudah dicounter oleh AHM! Posisi Honda sudah terlalu amat sangat kuat untuk dilawan ! Keterlenaan YIMM di satu sisi dan kemauan belajar yang kuat dari AHM di sisi lain, telah membuat matic Honda saat ini begitu perkasa! Kita doakan saja Yamaha gak kembali ke zaman kegelapan dengan ms di bawah 30-an !!!

  11. kalau saya lihat…stategy yamaha kebanyakan mulai dari produk low ke high ya? kaya mio fi dulu baru ke xeon, Jupi FI ke Vega ZR FI baru ke MX (??),vega115 dulu baru ke new jupiter Z, jualan MX dulu baru setelah itu keluarin Vixion(cmiiw). Beda sama kompetitor…..imagenya dari yang high dulu..baru ke low nya, makanya ada istilah “downgrade, spec down”…tapi menurut saya itu yang membuat konsumen potensial penasaran, kalau “upgrade” tentunya konsumen potensial sudah pernah “merasakan” lebih dulu di segmen lownya, thus gregetnya akan berkurang. (exception untuk Vixion, karena saat itu belum ada kompetitornya :D :D ) Sebagai pembanding bisa dilihat kasus FXR ke Satria FU, jupiter 110 ke vega 110,pcx ke vario125, tetep laris manis…

    • Betul Bro, saya juga melihat hal yang sama.

      Hal ini karena “image” di para decision maker nya bahwa memancing di kolam yang lebih penuh ikan lebih mudah dibandingkan memancing di kolam yang lebih sedikit ikannya, dan semakin high end sebuah produk akan semakin besar pasarnya.

      Menurut saya, ya kalau yg dipakai ilmu probabilitas sih bener, tapi kan bisnis sekedar bukan probabilitas. Biarpun pangsa pasarnya besar karena main di low end, tapi kalau image jelek juga ga akan laku. Justru cara Honda itu menurut saya jauh lebih efektif. Bagaimana menurut ente Bro? Atau menurut Bro semuanya?

      Moga2 sentilan kecil ini sampai dan didengar, jadi persaingan akan makin seru, produk2 yang akan datang akan semakin meningkat value nya.

      • ya…kalau “high end” disini diibaratkan “value” maka betul… cuma “image” belum tentu sama dengan “value” atau “high tech”. “Image” biasanya dibangun sebagai sesuatu yang prestisius, hebat, sempurna,.dll (you name it).. Makanya biasanya disematkan pada segment atas dulu. Sudah “kodratnya”..teknologi baru mahal pada awalnya…setelah itu makin murah, karena tergantikan teknologi lain yang lebih baru, lebih bagus, lebih efisien, lebih “”canggih” :D :D
        lha kalau “something new” sudah “dimurahkan”, produk apa lagi yang akan dijual di level atasnya sebagai “image” tadi??

        memang gak seru kalo gak ada persaingan..saya malah lebih suka gaya yamaha di era 2stroke dulu..sekarang malah aneh-aneh..nggak jelas yang mau disasar apa.. :D :D

        • “lha kalau “something new” sudah “dimurahkan”, produk apa lagi yang akan dijual di level atasnya sebagai “image” tadi??”
          ————————————————————————————————
          Setuju Bro, dan justru image yang terbentuk ya…. itu something new yang “kelas murah”. IMHO.

          • hehehe…betul…coba deh bandingin sama produk gadget…ambil sampel aja barang2 branded, trus lihat dikelas low end nya, bandingin fiturnya sama kompetitornya yang mereknya aneh2 :D :D…kompetitornya itu kurang apa coba??murah..jelass, fitur..seabreg,fungsi..sama, kualitas?? :D :D nah ini yang seperti bro bilang tadi “kualitas murah”. Image itu yang terbentuk..meskipun ngeluarin produk bagus, kualitas jempolan…tapi tetep saja..image murah tadi sudah terbentuk. belum lagi kalau yang beli produk bagus itu ngrasa cuma beli barang “upgrade-an”, maka image “overprice” juga akan muncul. Dan bagaimana sikap konsumen low end?? Pakai terus buang (kalo rusak) :D :D Loyalitas (kalo ngomong loyalitas lho ya..) di segment ini tidak cukup kuat untuk menahan godaan dari produk kompetitor :D :D …Lha terus apa memang mau seperti itu?? Lha modalnya kuat gak main di kelas seperti itu?? terus kenapa study casenya ke gadget?? bro liat aja kondisi sekarang..market roda2 itu masih konvensional apa berubah ke arah lifestyle?? :D :D

            wah.. maaf…panjang2 comment nya

            • Nice Bro, penentuan harga merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pembentukan Image.

              Sepremium apapun produk Nxn, tetap Nxn, bukan BB. Dan sepremium produk BB, tetap BB, bukan kelasnya IPhone.

              Dan nowadays, motorcycle is a part of lifestyle, not just a vehicle. Agree.

              • yang beli BB…biarpun paling lemot (dibanding kompetitor), biar dicela, dicaci maki, apa langsung switch??justru karena sering “dikata-katain” tsb mereka makin teguh, why?? sifat dasar manusia..kalau didekati dengan cara yang kurang baik..bagaimana responsnya…seneng?? atau malah jadi ilfeel??kembali ke case roda2 disini bagaimana?? :D :D Apakah si pembeli bodoh??apakah berarti penjual BB membohongi konsumennya?? :D :D
                IMHO..jadikan konsumen sebagai partner,bukan cuma sebagai objek pembeli, berikan “passion” disetiap produk yang ditawarkan.

                • Betul juga ya Bro ttg BB.

                  Yang jadi pertanyaan kenapa di seluruh dunia negara2 maja BB nyungsep, tapi di Indonesia kagak (dan juga India dan Afrika)? Pasar Indonesia bener2 unik atau hanya menunggu waktu aja BB akan nyungsep?

                  Yamaha bukan hanya nyungsep di Indonesia, tetapi juga di seluruh pasar global.

                  Jadi teringat artikel bro komeng antara Rambo vs Navy Seal :D

  12. Yamaha Fight Back atau Under Attached (lagi)

    Langkah Yamaha Indonesia untuk bangkit di tahun ini merupakan sesuatu usaha yang harus dihargai, tetapi semua keputusan strategy juga tidak terlepas dari strategy glogal (Business Plan) Yamaha Japan.

    Melihat kondisi perusahaan induk, saya rasa mereka masih belum pulih dari krisis.
    Sebagai perbandingan di pasar yang mereka paling prioritaskan, yakni India yang market share masih loyo banget. kalo tidak salah dibawah 3%an, coba kita compare dengan kompetitornya HMSI yang dengan daya upaya setelah pisah ranjang dengan Hero langsung menggebrak ke posisi runner dalam waktu 3-4 tahun, bisa saja saja brand image Honda yang melekat dengan Hero dahulu dan zaman sekarang informasi dgn cepat bocor (kayak juragan blog ini hehehehee).

    Yamaha yang yakin tahun 2012 bakal revenge dan fight back ternyata malah kedodoran, mereka berpikir bahwa line up Honda semuanya sudah lengkap diluncurkan dan diupdate serta ngak ada produk baru, paling ganti grafik aja.
    Kemudian YIMM dengan pedenya menghajar pasar dengan 3 produk baru sekali gus diawal tahun untuk merebut kembali tahta skutik. Namuan apa yang terjadi ? kita semua sdh tahu dgn ganasnya jajaran skutik AHM dan bahkan segmen sport jg mulai diberendong dengan fresh product. Untuk segmen bebek yang pasarnya menungkik menjadi prioritas ketiga.

    Tahun ini, YIMM sekali lagi berusaha dan mencoba nyopas strategi tahun lalu dengan brojol produk2 baru diawal tahun dengan harapan Honda sdh habis pelornya.
    Di sinyalir AHM sdh mengantisipasi semua gebrakan YIMM tahun ini dan bahkan akan menekan lebih keras lagi. IMHO, paling gampang kita liat aja AP Honda Thailand, masih punya skutik outbox Zoomer X dan MSX125 dan juga type supermoto. AHM punya cadangan amunisi yg siap ditembak kesini.

    Menurut ane sich, apakah YIMM sanggup kembali ke DNA tahun 2008~2010 ? punya kelebihan / value dibanding kompetitor? Kalo ngak punya value melebihi Honda, mau kapan aja launching sama aja, akan layu sebelum berkembang seperti Fino atau nyungsep seperti Xeon setelah ada Vario 125.

    wah kepanjangan nich komennya.

    • Nice Comment Bro.

      Kalau lihat komennya emang bukan FB biasa nih…

      Ya. Semua permainan YIMM seakan sudah terbaca oleh AHM.

      Secret Agent kah? Atau memang telah ditebak dengan begitu mudah?? Jadi teringat artikel lama Bro Komeng… Luck or Genius…

      Ha ha ha

      • Ha ha ha . . . . . . .

        Melihat style tulisan, accesbilitynya ke ATPM serta replynya, owner warung ini jg bukan blogger biasa he.. he… he…. he……

        Setelah tgl 31 Jan 2013 gw baru kita akan liat apa yg terjadi.
        Kalo bener bocorannya, ini warung cabang dari warung tetangga, ganti baju tetapi orgnya sama :D

        • setuju bngt bro,,
          jrang bloger yg bgt intim mngthui seluk beluk prshaan bhkn plning prshaan,,!

          but nch blog dg diskusi terbaik (blogna om komeng g sedahsyat wkt prtm x aq tau MG)

  13. saya perkirakan MS yamaha taun ini turun lg dr 2012 sktar 1~2 persen.. mengingat varian yg ditembakan yamaha hanya facelift varian lama dibanding ahm yang menembakan amunisi yg benar2 hot from the oven… imho..

  14. dengan melihat kondisi secara global d internal ymh saya rasa sudah tepat langkah yimm untuk lebih agresif d segmen matic mengingat pertumbuhan yang sangat bagus dari tahun ke tahun. sebaliknya d segmen bebek terjadi penurunan, agaknya untk segmen bebek lbih baik bertahan saja sama sprt sportnya. ini menandakan semakin d terimanya matic d hati konsumen dngan segala kelebihannya d banding bebek dan itulah peluang yg seharusnya d ambil ymh dengan memaksimalkan segala kemampuan. yup tepat yimm harus cepat keluarin produk2 premium dan jg flagshipnya untuk menguatkan image serta memberi kepuasan lebih pada konsumennya

  15. Vega injeksi kasih cw ,2013 lahirkan ayago adik tiara,motor mnster besasis tralis dampingi bison,ful fairing ini semua ymki blm punya .buktikan kalo semakin di depan
    buktikan kalo pemimpin sektor sport
    buktikan jangn cuma slogan aj.MR dinosius desti tegas era 4tk

  16. Puaskan konsumen ymki.suksesnya sebuah produk ada di tangan konsumen.ymki hrus sdar mtor apa yg blm ad di era 4 tk
    .ful fairing
    .ayam jago
    .motor laki bersasis tralis
    mx blm cukup pukul satria 4tk .para biker menghrp ayago adik tiara.body mx untk bebek msh blm bgus.spatbor dpan bikn jelek buat umumnya bebek.kesuksesan sbuah produk ad ditngn knsumen .maka mtor yg lm ad sajikan

  17. Ayam jago ymki kpan keluar kandang pukul Fu .katnya semakin di depan.speed mx untk apa” ap cuma pt indomobil aja yg bisa buat ayago era 4tk.pa emang .pabrikan garputala tak bisa buat

  18. Ayam jago ymki mana pukul fu.eko prabowo shrusnya byak masukan2 tntng mtor pemukul fu.speed mx untk apa.kalau kamu emang merasa prnh sekolah tinggi ayo buktikan sejak duduk di ymki eko prabowo mlh menyumpal r15 .mx udh bosan model Spatbor laki renggang lagi 125z mtor bgus mr eko

  19. Jngan cuman tunggu thailand aja.tegas kayak era 2tk.bisa buat mtor sendiri.contohnya si cobra.mna ada di ujung dunia .cuma di tnh air aja.kalo cuma ngekor thailand kapan sajikan ayam jago .padahal disana blm ada ayago 4tk .cuma ada 2tk.gak ush ful ccny sama yg pnting body sama ayago.apa gak malu ama slogan semakin di depan mr beti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s