Diskusi langkah AHM di kategori Sport

Sejak sekitar 4 tahun terakhir, kategori sport perlahan – lahan terus meningkat, baik secara penjualan maupun secara kontribusi terhadap penjualan total. Hal ini tentu telah diperhatikan oleh semua pabrikan besar seperti Yamaha dan Honda. Yamaha yang telah menancapkan kuku dengan Vixion nya mendapat keuntungan strategis pada kasta sport ini. Sejak awal peluncuran, image Vixion sebagai motor sport yang berteknologi canggih karena menggunakan injection, performa OK, dan desain sporty dan keren, serta ditambah dengan harga yang sangat bersaing pada saat awal peluncurannya membuat image vixion menancap begitu kuat di benak konsumen bahkan hingga saat ini. Singkatnya, Value yang didapatkan sangat bagus apabila dibandingkan dengan harga yang dibanderol pada saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, setelah beberapa kali naik harga tanpa ada kenaikan value yang cukup berarti, menurut saya, saat ini harga vixion sudah berada pada batas level maximalnya, bahkan bisa dibilang sudah mulai terasa sedikit terlalu mahal.

Melihat kuatnya taring Vixion, Honda tidak langsung serta merta menyerang secara head to head, ibarat bubur panas, apabila langsung disendok lalu dimakan bagian tengah nya tentu akan menyakiti mulut kita. Honda mengambil langkah memasang Flagship Product untuk kategori sport terlebih dahulu untuk menguatkan citra bahwa Honda adalah produsen motor sport berkelas, citarasa high class di CBR 250 digunakan untuk membangun karakter motor sport Honda sebagai motor sport berkelas.

Setelah image tersebut dirasa telah cukup tertancap di benak pecinta motor sport, barulah Honda masuk ke pasar tengah dengan CB 150R, lalu segera menghajar pasar bawah dengan Verza 150. Dengan demikian Honda telah menutup semua celah gerak Yamaha di sport, hanya tinggal tunggu Vixion menjadi usang (yang saat ini menurut saya sudah mulai mati gaya) dan mati sendiri.

Tidak berhenti sampai di sana, pemasangan banderol Verza 150 yang spektakuler ditambah dengan pemberian value yang cukup bagus ini tentu bukan hanya membuat Vixion mulai Nampak overprice, namun juga menyiapkan kolam baru, meng-extend kategori sport ke bawah, membuat entry level, dan menarik sebagian konsumen untuk moving dan bebek premium ke sport. Jadi, sekali tepuk, dua lalat mati. Nice.

Itu menurut pendapat tukang pipa. Bagaimana menurut pendapat Bro semua?? Silahkan di share di sini.

 

 

Salam,

 

Tukang Pipa

61 thoughts on “Diskusi langkah AHM di kategori Sport

  1. Verza akan menjadi primadona baru, boleh dibilang bakalan fenomenal. Saya berasumsi penjualan verza akan lebih baik dari kakanya si CB150R.

    Hal ini didesain sama AHM agar CB tetap memiliki nilai prestigue di jalanan sebagai motor mid end premium.

    Pasar vixion dan NMP pasti akan tersedot ke verza. Dan byson sepertinya tidak akan terpengaruh. Pasar motor second vixion akan slump, jatuh bebas yang membuat keengganan konsumen membeli vixion karena purna jualnya hancur.

    Jelas bidikan utama verza dan CB150R adalah menumbangkan vixion.

  2. sangat wow..sekali dan terlihat sangat smart sekali ini AHM , coba kita lihat secara strategi tersusun rapi dan terencana , mirip strategi di Matic pelan tapi pasti. Beda dengan tetangga yang terlihat panic strategi dan ini terlihat dengan diluncurkannya mio GT tau sendirikan gimana faceliftnya , baru satu tahun sudah makeup dan ini menandakan tidak rapinya rencana pengembangan unit motor. Belum lagi Vixion yg ternyata diberi 2 opsi (kick stater dan Non kick stater ).

  3. verza motor tanggung bro, sori klw gwe bilang terlalu cost down, kenapa gwe bilang tanggung karena masih pendingin udara coba kalau pakai radiator, desain konvensional, masih bapak2 banget, masih double shock, coba kalau basic engine CS1 dibikin stroke up biar torque, harga taruhlah 18-20 jutaan, desain dibikin mirip sma cbsf baru bisa buat ngelawan byson atau nvl.. sekali lagi verza hanyalah motor seperti bebek kirana yg nggak laku karena desain yg ane bilang masih dibawah standart..

    • kenyataannya yamaha tak tinggal diam. Terbukti dg munculnya nvl yg punya value lebih dibanding old vixion.
      Tujuan utama ahm keluarin cb150r kan untuk gebuk old vixion spt halnya dulu keluarin NMP. Dg spek yg lebih tinggi dr old vixion, mungkin bs gebuk old vixion dg telak.
      Tp ahm rupanya salah strategi, krn yamaha mengeluarkan nvl yang setara cb150r (bahkan lebih value dr cb150r/opini pribadi).
      Akhirnya ahm berencana mengeluarkan motor sport lg, ujung2nya konsumen yg jadi korban, krn belum lama beli, tp motornya jd keliatan jadul.
      But strategi ahm mengeluarkan verza sangat jitu, soale pasti akan menggerogoti pasar vixion (old & new).

  4. Benar Bung,para bloger seolah2 menganggap bhw semua rencana ahm itu smart. Tanpa salah dan tanpa ada perlawanan. Padahal,pihak lawan ga mgkn tinggal diam.
    Kita lihat ke belakang,ahm ngeluncurin blade dg tujuan menghantam jupiter z. Ternyata gagal total. Sadar akan kegagalannya,ahm kmbli merombaknya dg meluncurkan new blade. Tapi sesaat kmdn,yamaha meluncurkan jupiter z1.

    Lalu cs 1. Didedikasikan utk head to head dg jupi mx. Eh…justru layu sblm berkembang.

    Kmdn,ahm berusaha menghadang laju vixion dg new mega pro. Tapi jangankan bisa menghadang,justru menghadapi byson saja terseok2.

    Dan skrg,kmbli honda menghadirkan cb 150 r! Bisakah benar2 membunuh new vixion yg tnyata tlh dibekali design segar dan bbrp fitur unggulan? Kita lihat sama2.

    Inti dari komentar saya adalah…jangan tll menganggap honda adlh maha dewa. Sementara para pesaing akan berdiam diri tanpa tindakan. Pada kasus cbr 250 pun honda tak bisa berbuat banyak. Dan kawasaki justru menjawabnya dg new ninja 250 fi yg sangat luar biasa.
    Strategi ahm yg sangat berhasil smp hari ini adalah di segmen matic. Untuk yg satu ini,saya harus angkat topi. Tapi tunggu! Sepertinya kini yamaha tak tinggal diam.

    • Punya data MS jupiter z1 dan new blade Bro? karena setahu saya jup z lama secara MS sudah tertinggal dari blade sejak lebih dari setahun yang lalu. Dan tampaknya perubahan Jupiter z ke z1 tidak memperbaiki keadaan sedikitpun.

      Mengenai Vixion, saya tidak berpikir AHM serta-merta menghadang laju vixion menggunakan new mega pro. Mungkin kesan yang ditangkap sebagian orang adalah demikian, namun pada kenyataan nya, strategi AHM tidak lah direct fight seperti itu. Konyol sekali apabila melawan secara langsung vixion yang image nya sudah sangat menancap kuat tsb. Karena itu, AHM menggunakan strategy lain, seperti yang telah saya uraikan di atas.

      Bahkan AHM menutup celah sekaligus membuka pasar baru, ini lah yang membuat saya mengangkat topi untuk strategi brilliant nya AHM.

      • jangan salah dibalik digdayanya AHAEM tersimpan juga celah kerapuhan disana sini… tinggal smart mana antara ahaem memantain celahnya atau cerdiknya ymaha memanfaatkan celah tersebut…. yg jelas ymaha harus menerima keadaan bahwa mereka masih no 2. jika merasa sebagai raja mungkin saja si nomr 3 akan menggesernya

        • Setuju, dibalik setiap kekuatan selalu terletak kelemahan. Hanya seberapa mampu YIMM menciptakan strategi yg mencakup pemanfaatan kelemahan AHM. Krn jika melihat kondisi saat ini, terutama di kategori sport, YIMM juga sedang bingung mau kemana.

    • maaf pak, br reply, soale kemarin moderasi lama bgt.
      Kedua pabrikan memang punya attact bagus untuk merebut konsumen.
      Tinggal konsumen aja yg menentukan mana nanti yg akan jadi raja.
      Jika pabrikan tak punya perlawanan, maka lambat laun akan ditinggal konsumen (contoh suzuki). Kecuali jika pabrikan mampu menciptakan pasar tersendiri (contoh kawasaki dg ninjanya dan suzi dg FU), tapi jualannya gak akan banyak, soalnya cuma untuk kalangan tertentu.

  5. My brother suggested I might like this website. He was entirely right. This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

  6. Oke. Saya mmg tidak punya data ms new blade dan jupi z. Tapi itu bukan masalah. Hal yg ingin saya sampaikan adalah bhw kompetitor honda (yamaha) tidak tinggal diam dg serangan2 yg dilakukan honda. Yamaha juga terus memberikan perlawanan. Untuk kasus blade vs jupi z1,saya hanya ingin mengatakan bhw kini,jupi z lbh punya value drpd new blade. Dengan dmkn,tentu jupi z1 tak bisa dg mudah lg direbut pasarnya oleh new blade. Tentunya dg catatan new blade msh spt saat ini.

    Masalah nvl,ini juga bukti bhw yamaha juga terus memperbaiki produk2nya. Dan siapa tahu,yamaha juga masih menyimpan amunisi cadangan utk mempertahankan ms sportnya. Opsi menghadirkan r15 mungkin saja sdg digodok. Atau opsi2 yg lain.
    Maaf,bukanya saya fanboy yamaha. Saya hanya tdk begitu setuju jk seolah2 honda begitu digdaya dalam segala lini.
    Dan sbg catatan,sebenarnya komen saya diatas saya tujukan utk mereply koment dr bro FRONDISBRAKE,bukan utk menyerang yg punya blog. But no problem! Anggap saja kita sdg berdiskusi ttg roda dua. Salam.

    • lebih value gmana lha wong harga Z1 hampir nyentuh MX gt kok.. apa sih yg dibanggakan dari Z1? desain 11~12 dg NHB. malah secara fisik NHB lebih menawarkan fitur lebih.. POWER? dijalanan gak ngaruh banyak toh 11~12 jg dg yg punya power dibawahnya..

      • jiah, kalo gacoannya kalah power ngomongnya buat apa power di jalanan, gak guna.
        tapi kalo gacoannya kencang sombongnya minta ampun, bilang noh motor gua kenceng banget tanpa ingat kata-kata sendiri, ngapain kenceng di jalanan…
        dasar FBH koplak, konsisten dong

  7. Eiscell@ Bukannya membangga2kan z1 bro. Tapi kalo dibanding new jupiter,jelas z1 jauh lbh berkelas. Baik dr sisi design maupun teknologi. Jujur, design new jupiter mmg hancur2an. Bahkan bisa dikatakan inilah design yamaha paling jelek sepanjang sejarah. Dan hal itu diperparah dg menurunnya performa,dan hilangnya aura racy yg merupakan DNA dari jupiter (meskipun sebenarnya tll berlebihan).
    Masalah scr design bagus mana dg new blade,itu mslh selera. Tapi yg jelas,dg hadirnya z1,maka daya jualnya lbh baik. Terlepas laku mana jk dibandingkan dg new blade. Masalah harga,aku rasa bukan sbg kelemahan,tapi bisa jadi justru mrpkn kelebihan. Karena banyak org justru merasa bangga jk barangnya lbh mahal dr milik org laen. Lalu…ini yg perlu diperhatikan: 80 % lebih penjualan motor dilakukan scr kredit. Dan mayoritas tenornya 3th. So,selisih OTR 1Jt an tidak tll signifikan pengaruhnya thd angsuran per bulannya.

    Ini pandangan saya mas bro. Berbeda pendapat tentunya sangat wajar. Btw,senang bisa saling berkomunikasi dg anda. Salam.

    • ini kelas bebek mid end masbro bukan bicara moge… harga selisih 1juta sangat terasa…… beda kalau moge makin mahal makin prestise… kalau pun beli secara kredit saya rasa lebih value beli MX SW (gak tau skrg ada atau gak)… kalau masalah desain itu subyektif… toh desainya spt yg saya bilang 11~12.. imho..

    • Hasil saya mengobrol dengan teman Ordal Yamaha, penjualan z1 bahkan lebih jelek dibanding Jup Z lama. Di beberapa dealer di area pulau jawa, kalimantan, dan sumatera pun sama, animo nya malah semakin menurun. Tapi saya belum mendapatkan data resmi nya.

      Penjelasannya mungkin seperti alinea pertama komen anda di atas….
      “Bukannya membangga2kan z1 bro. Tapi kalo dibanding new jupiter,jelas z1 jauh lbh berkelas. Baik dr sisi…………..”

      Mgkn ada bro2 lain yang bisa membantu data nya?

      • yg beli jupiter adalah konsumen abg fanatik produk yamaha, namun yamaha menyediakan njmx yg lebih kencang dan bervalue lebih, otomatis mereka akan lebih memilih njmx yg punya nilai lebih walu lebih mahal.

        jadi menurut saya nzi itu mubazir, karena segmentnya sama, abg doyan speed dari fanatik yamaha.

        lebih baik njzi di matikan saja, konsen ke njmx, karen segmentnya sama, abg doyan sped,

        kalu abg yg lain pasit lari ke fu

        • Sedikit koreksi Bro, IMHO, abg yang benar-benar pecinta speed orientasi nya tentu ke FU dulu, namun harga kadang memang menjadi barrier, sehingga mereka yang terkendala harga biasanya melirik ke njzi. sedangkan yang lebih berorientasi pada kepremiuman sebuah produk, akan lebih menyukai njmx.

          IMHO begitu. Mgkn ada Bro lain yang pny pendapat berbeda? silahkan dishare

          • oh yach saya kelupaan,

            selain njmx yach abg larinya ke FU, tapi fanatik merk yamaha pasti lari ke njmx, lain kalu abnya ngak fanatik bisa lari ke FU.

            tapi yg pasti njzi itu dilematis, maju kepentok, mundur terjerembab

            marketnya dah segmeted banget, dan ngak ekonomis

    • Sekedar info, Bulan January 2013 YIMM mendistribusikan Jupiter Z1 14.179 unit sedangkan AHM kirim New Blade sebanyak 14.750 unit ke dealernya.

      jadi, saat ini pasar antara JZ1 dan NHB masih seimbang, tapi Z1 baru di update sedangkan NHB masih belum update sejak peluncuran pertama kecuali tambahan spoke wheel dan non RDB aja.

  8. Kalahnya yamaha di matic sy kira kebetulan sj, kebetulan total change mio ga disukai khalayak, dan honda belajar dari situ, beat dirubah dikiiit sj karena segmen low end tidak bersifat agresif….. Beda dengan mid sport, sgt agresif dan suka dgn perubahan, yamaha mengeluarkan (old) vixy yg berbeda dgn jamannya sgt laku keras, skrg konsumen midsport berharap banyak dgn mesin dohc dan teralis (apalagi merknya honda) tp ternyata design dan quality mengecewakan, daan ternyata nvl mengakomodir aura perubahan itu, itu yg diminta konsumen mid sport…

    • nebeng opini : sebenarnya gak isa dibilang kebetulan,it lebih karena strategy dan teknology, cb liat sebelum mio terjerembab, tidak ada update signifikan untuk mempertahankan tahta sehingga saat kompetitor menghadirkan sesuatu dengan value lebih y sudah pasti balik arah dan itulah yang terjadi mengapa mio rela menyerahkan tahta matic, ini opini saya lho y?!karena tidak ada yang dalam persaingan tetapi bagaimana dapat menciptakan persaingan yang sehat

  9. strategy ahm brilian??? oh….ane kok gak sependapat ya….ane lebih mrasa AHM lebih condong ke trial and eror….mumpung kekuatan finansialnya sangat2 ok jadi mereka melakukan itu……yamaha ya gak mungkin juga maksa in kayak ahm….jadi yamaha lebih serius dengan perbaikan kualitas ane rasa….makanya yamaha gak ngeluarin gaco buat hadapin verza…dan udah ada macam tvs dan bajaj buat hadapin verza (konsumen kelas 150 ni juga banyak yg smart…..dalam memilih,memilah product……)jadi verza di keluarkan ahm untuk membendung laju pabrikan macam tadi dan bukan Yamaha…..ane setuju dengan pendapat prabu melaz…..AHM bukan satu-satunya di dunia ni……so jadilah konsumen yg cerdas dalam memilih kebutuhan anda……masalah strategy macam gini biarpun di ekspose kemedia manapun gak usah konsumen bingung atau konsen anda terpecah (itu udah interen masing2 pabrikan) jadi buat apa konsumen pusing….yg penting anda lihat barang yg dihasilkan ok….memuaskan sesuai kebutuhan that’s it…….ok….salam biker indo

    • koreksi masbro… liat aja target penjualan ahaem…apakah nyasar ke indie? sama sekali tidak.. bagaimanapun target versa adalah menggembosi sebagian potensial buyer biyson yang merupakan sport termurah versi yamkha… dg menjaring pemakai kwek2 yang mo beralih ke sport… yang jelas pabrikan india bukanlah kompetitor ahaem.. pabrkan indie masih disibukan masalah 3s … imho.. cmiiw

      • @ eiscell
        tapi bukan gak mungkin kan indie diam diri? 3s dan bla bla yg lain hanya masalah waktu,sudah ada pergerakan juga dari bajaj untuk gabung dengan kawak…..mereka juga pernah berkata “kami (bajaj seperti pesaing yg tidak bisa diduga pergerakannya oleh kompetitor) pergerakan pabrikan indie juga pasti secepatnya beradaptasi brow….tinggal tunggu waktu saja, jadi sebelum itu terjadi ahm segera luncurin verza (byson adalah produk yamaha di atas verza brow)….yg lebih dulu mengaspal…(dan bagai mana misal byson sudah injeksi pula?? ane rasa org akan lebih prefer ke byson….yg lebih hi class …secara design dan mesin (apabila sudah injeksi) dan misal harga gak ningkat drastis juga itu bakal lebih berpotensi dari hanya sekedar verza…..kemampuan finansial orang tdk bisa di prediksi…lha wong tukang jualan aja pake motor ninja RR….kalo udah prestige gak bisa di ukur dengan finansial dengan mudah……(so verza bukan buat melawan Byson) lha wong NMP aja kualahan lawan Byson brow….

        • saya ambil statement sampeyan yg terakhir ya…NMP saja kwalahan menghadapi bison.. ini memang fakta dan inilah yg menjadi dasar keluarnya varian baru bernama VERSA.. tujuane yaitu membantu dan memperkuat segmen sport termurah… jika saja NMP menang telak lawan bison gak bakalan ada tuh semprot pahe bernama versa… dan tolong dicatat BISON INJEKSI? masih lama masbro… yg ada bison facelift… cmiiw yach

          • @ eiscell
            ok….but like i said…..kemampuan finansial dan rasa prestige atau selera orang akan design tidak bisa di ukur dari segi murah saja brow, justru porsi kue NMP lah yang terkurangi (dr pd bli NMP bli verza saja lebih value tapi bukan secara design atau sekalian loncat bli byson yg ok designnya dan misal udah injek juga bisa dibayangkan nasib NMP)….lamanya waktu bukan tolak ukur juga…. konsumen indo memang benar2 unik….mungkin juga ada pikir kayak gini (’17 jtan nambah dikit lagi dah dapat yg to….secara design bagus) atau macam kasus cs 1 VS Satria FU misalnya (nambah dikit bisa dapat itu lebih power bla bla bla….dan dari teman2 ane waktu ane tanya kenapa gak ambil cs1 jawabnya simpel designnya gak mengena) padahal satria to boros&bukan bebek yg nyaman (bebek sport) kan??tapi ya tetep laku keras…lha misal TVS apache 180 yg sudah ABS di benahi lagi gimana??harga sama mepet dengan verza tapi power benar2 beda….dan bentar lagi di berlakukan peraturan ramah lingkungan standart EURO3 jgn meremehkan juga kekuatan pabrikan indhie…..jadi menurut ane tetep si verza ini lebih fokus ke indhie di banding byson…….ya …. pendapat orang beda2 sich…makanya sejak awal kan ane bilang masalah strategy pabrikan gak usah di bahas bikin cape deh…..lha wong yang tau mereka….hehehe…kita konsumen ya tinggal cek produknya….sesuai selera dan kebutuhan….kualitas dsb…..udah cocok ya di beli…..ya to…….salam biker

            • oh ya brow numpang cerita aja permisalan perumpamaan; ada anak namanya shomad pengen beli motor laki nich…dengan budget 17jt-an sekelas bebek….yg dikala itu cuman di isi jupiter mx,supra,shogun,kawak zx dsb…trus si shomad browsing internet…..eh…..nemu TVS apache….waduh nich bagus juga di blog iwb di ulas power dan top speed ok bisa 125 kpj….digytal bla…bla…dsb abs dsb….sontak ni shomad langsung mupeng…..(catatan waktu itu blm lahir yg namanya verza)???…….gak lama selang beberapa bulan uang dah ditangan si shomad browsing lage….eh..eh….ada neng verza yg baru di keluarin ma honda……dengan spec mesin yg canggih…..tapi secara power ya jauh ma tvs tadi……nah si shomad bingung…..(kembali ke diri bang shomad td….pengen motor power atau ekonomis?)karena shomad juga gak mungkin pilih diatasnya seperti NMP atau pun Byson…cos harganya gak bisa dia raih dengan kantongnya tadi (nah….kalo ceritanya sesuai ilustrasi saya di atas…menurut ente si verza dimanakah posisi nya di peruntukkan/diciptakan oleh AHM?)

  10. Nah…komen2 spt inilah yg saya suka. Saling melengkapi,menganalisa,mengoreksi,tanpa saling mengejek. Beda pandangan,beda argumen,itu sah2 saja. Kalopun analisa saya salah dimata bro2 semua,saya juga akan mengaku salah koq? Asal cara menyalahkannya tidak disertai dg menginjak2. Saling melengkapi tentu membuat pengetahuan kita jadi bertambah. Thanks buat yg punya blog,dan bro2 semua. Salam.

  11. Pertama sekali menyangkut SDM antara AHM dan YIMM, siapa yang mau membantah kalo ane bilang kualitas SDM AHM diatas YIMM ?????
    AHM dibawah naungan Astra bisa sesuka mereka transfer SDM kualitas andal dari group mereka, ya… contohnya aja si J.Loman yang sukses dengan Avanza-Xenia.

    Mengenai strategi AHM yang dikatakan trial error, ane rasa itu bukan trial and error, tapi planning mereka emang selalu dibuat kayak kue lapis, bila plan A tidak jalan maka plan B jalan dan seterusnya.
    mengenai segmen sport, ahm belum menusuk jantung segmen sport yimm, tapi max hanya akan membuat barisan sport yimm kocar kacir termasuk BOD YIMM yang pada ngak bisa tidur mikirin benteng pertahanan terakhir mereka lagi di bombardir, tapi mereka bicara kalo mereka lebih prioritaskan matik. Kalo sampe prestige trakhir jatuh, seluruh pasukan bakal lbh susah lagi utk membangun kembali imagenya, termasuk skutik.

    Kalo ane telaah lebih mendalam, sebenarnya konsen AHM tahun ini bukan hanya di sport, ane ulangi lagi “Bukan hanya di Sport”. tapi semua planning tahun ini sdh terintegrasikan dalam “Grand Strategy” tahun ini. YIMM sdh digiring ke sudut ring, mau tak mau harus meladenin permainan AHM (contoh jelas Xeon RC, brojol banyak model, diskon harga dan update model lainnya lebih dini drpd AHM).

    Skrg kembali lg ke SDM, mampukah SDM YIMM meladenin SDM AHM yg lebih prof dan lebih menguasi medan pertempuran?

    • “YIMM sdh digiring ke sudut ring..”… saya juga berpikir sepeti itu..yang bisa dilakukan YIMM sekarang adalah bertahan -imho-…berapa lama mampunya bertahan, kita lihat saja sama-sama. saya sih berharapnya yimm bisa fight back, supaya hawa kompetisi tetap terjaga…bagus buat konsumen. (cuma rasanya kok berat yah??)
      –realita terkadang menyakitkan bagi sebagian pihak:mrgreen:

    • @ bukan Fb maho on
      kalo menurut ane misal plan A gk bisa di Ganti Plan B, Plan B gk bisa di Ganti Plan C nah….kalo selama Plan A atau barang A tadi tidak di stop produksi ya bisa dikatakan bukan trial Eror….kalo di stop produksi ya rasanya itu trial – eror brow…ingat kasus supra fit dan revo generasi pertama menjadi absolute revo..ya tapi mantab juga lah strategy AHM dan YIMM nich…bener2 perang strategy……jadi yg ngikuti gak bosen hehehe…..tapi kalo pun tergiring di sudut ring bukan berarti tidak bisa…melainkan lagi menghimpun kekuatan dengan double cover untuk selanjutnya menyerang balik di saat tenaga musuh sudah terkuras sambil mengikuti arus gerakan lawan…(salah satu teknik di ring tinju se tau ane)

      • coba mampir ke warung nya bro genesis…sepertinya case revo series sampai jadi abs revo telah dibahas tuntas bro (saya lupa linknya)

  12. Baca komen2 disini berasa kuliah umum, mencerdaskan ga pake baka2ran. Apalg klo pake data yg akurat (MS misalnya). Mantheb dah ni blog.
    (^_^)v

  13. woowwww…..diskusi panas tapi tetep adem ayem dan bermanfaat. acungan jempol (probu melaz, bocoran info akurat,eiscell) tetap bersodara bro !!!! saya tunggu artikel dan komentar yang membangun!

  14. menurutku seharusnya yamakha memfokuskan diri dlm mempertahankan segment dg mengeluarkan beberapa varian baru.. karena segmen ini yg masih dikuasai… untuk matik sudah kadung hancur maka serang balik perlahan saja… tapi mungkin karena desakan japan jg makanya yg di ubek2 malah matik yg dah berdarah2…imho.. pleasd cmiiw

  15. ikut share opini, menurut data AISI sepertinya tinggal kelas 150cc yang unggul dari pabrikan Y, sudah seharusnyakah R15 ngaspal dimari y?semoga war strategy sport akan semakin panas dan konsumen dapat merasakan product yang lebih value dengan harga reasionable

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s