BOCORAN PREDIKSI YIMM terhadap demand Motor SPORT

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa menunggu R-15 mengaspal di tanah air sama dengan menunggu embun di gurun sahara. Hal ini membuat tukang pipa penasaran, mengapa YIMM tetap tidak bergeming meskipun suara konsumen telah berulang-kali meneriakkan permintaan R-15?????

Hal ini membuat Tukang Pipa tertarik untuk menggali pipa lebih dekat lagi ke sumber nya. Lebih mendekat kepada dasar pemikiran yang melandasi keukeh nya YIMM tidak mau memproduksi  R-15.

Setelah menggali beberapa sumber di sana-sini untuk mendapatkan saluran pipa yang dekat dengan pompa utama, akhirnya ditemukanlah sebuah saluran besar yang merupakan arus informasi utama yang menjadi landasan utama kebijakan di kategori Sport. Hal itu adalah PREDIKSI YIMM terhadap demand masing – masing category mulai tahun 2013 ini hingga 2015 esok. Seberapa perkembangan nya tentu akan sangat mempengaruhi kebijakan perlu / tidak nya investasi produk baru di kategori tersebut.

Seperti apa PREDIKSI YIMM terhadap DEMAND MOTOR SPORT?????

Langsung saja. YIMM MEMPREDIKSI bahwa di tahun 2013 ini, kontribusi penjualan di kategori SPORT hanya akan sebesar 10% saja. Lalu untuk tahun 2014 diPREDIKSI sebesar 11%, lalu di tahun 2015 diPREDIKSI sebesar 12%. Hanya berkembang 1% setiap tahun.

Darimana YIMM mendapat angka-angka tersebut?????

Apakah dasar pemikiran hingga lahir angka – angka tersebut?????

Jujur saja, Tukang Pipa masih menggali – gali dan belum menemukan BOCORANNYA. Namun Angka tersebut VALID. Itulah angka PREDIKSI YIMM terhadap kontribusi penjualan sport. Inilah jawaban mengapa YIMM hanya meluncurkan NVL tahun ini, tidak menelorkan byson injeksi, dan tidak akan memproduksi R-15. Lha cuma kontribusi 10%

Terus terang Tukang Pipa tidak setuju dengan angka prediksi tersebut. Melihat tren yang ada, kontribusi sport punya peluang yang sangat besar untuk terus meningkat.

Berdasarkan data yang ada, data dari Kang Edo, Pada Januari 2013, berdasarkan AISI, kontribusi motor sport sudah 11%.

Belum lagi lahirnya verza yang tentu akan memperbesar demand karena dipasang sebagai entry level yang sangat memungkinkan menyedot demand bebek prremium ke sport.

Lantas mengapa YIMM MEMPREDIKSI hanya 10% di tahun 2013 ini????? Bukankah tren motor Sport makin berkembang???? Apakah YIMM merasa bahwa pasar sport hanya akan segitu – segitu saja????? Apakah YIMM telah salah memprediksi????? Atau kah ada kesengajaan dengan tujuan melindungi kepentingan tertentu?????

Entahlah…… Masih blm menemukan dasar pemikirannya….. *pulang ambil bom yang lebih gedhe utk buat bocoran yang lebih GUEDHEEE!!!!! * Xixixixi

Bagaimana juga Pendapat Bro semua mengenai PREDIKSI demand ini??

Apakah Anda setuju dengan angka PREDIKSI tersebut? Apakah terlalu kecil? Ataukah terlalu besar? Silahkan dishare dan didiskusikan bersama.

Salam,

Tukang Pipa

38 thoughts on “BOCORAN PREDIKSI YIMM terhadap demand Motor SPORT

  1. Prediksi ane,, lama kelamaan bebek akan punah, tinggal matik ma sport! Dimulai oleh versa yang mungkin akan menggerus bebek dari atas! Hehehe😀
    prediksi ngawur moga gak jadi kenyataan

    • TEPAAATTT!!!

      yg bilang org indo priyayi otak’a kendor
      gk pernah klayaban y mas???
      org indo itu, “KALO NGGAK IKUT GILA, ITU NGGAK NORMAL”
      hahaha,

  2. Kalau benar straregi YIMM seperti itu berarti hanya menunggu pasar saja. Bukan strategi kepemimpinan pasar. Strategi kepemimpinan pasar akan selalu berusaha menjadi pioner dan membuka peluang2 baru dengan memberikan model yang variatif dan terkini, tidak tergantung kompetitor. Perusahaan punya target sendiri yang mesti tercapai, tentunya dengan selalu meriset keinginan pasar.

  3. Jika kita punya usaha tapi modal ga besar,tentu kita harus selektif dalam memilih2 dagangan apa yg akan kita buat lalu kita jual. Lain perkara jk modal berlimpah.
    So,saya bisa memahami langkah yimm utk konsen dulu di matic. Karena jelas demandnya semakin meninggi. Meski begitu,tidak brarti pasr sport ditinggalkan. Lihat saja! Disaat vixi msh tinggi2nya,yimm hadirkan byson. Ketika penerimaan konsumen bagus,yimm melipat gandakan kapasitas produksi hingga dua kali lipat. Sesaat kmdn,nvl hadir. Scorpio? Tetap di refresh kan?
    So,apakah masih bisa katakan bhw yimm menganak tirikan motor sport???

    Dan lagi,menggelontor pasar dg jumlah varian bisa berakibat buruk bro. Akibat buruk pertama adalah ada banyak produk yg ga laku. Yang ujung2nya mengurangi profit perusahaan scr keseluruhan.
    Akibat buruk kedua,produk2 yg ga laku td bisa menurunkan nama besar merek scr keseluruhan. Mengapa?? Karena produk yg ga laku td nilai jualnya rendah,plus suku cadangnya jg sulit dan mahal.

    Ini analisa saya. Mohon dikritik jk salah,ditambah jk kurang. Salam.

    • Apabila Anda membaca artikel di atas, sebenarnya pembahasan kita adalah mengenai BOCORAN Prediksi YIMM di kategori sport, dimana Prediksi ini berimbas pada pembagian konsentrasi pada masing-masing kategori.

      Mengenai selektif dalam memilih barang dagangan agar bisa efektif sekaligus efisien saya sangat setuju Bro. Dalam hal ini penataan prioritas nya harus diperhatikan dan disesuaikan dengan straegy perusahaan. Apabila sebuah perusahaan berorientasi pada masa sekarang, dan berpikir jangka pendek, tentu menghajar habis pasar yang sedang berkembang dan sudah sangat luas seperti pasar matic merupakan orientasi utama dan sangat masuk akal untuk dilakukan.

      Namun bagi perusahaan yang berorientasi bukan hanya pada masa kini namun juga berorientasi pada masa depan, berpikir jangka panjang, tentu berpikir lebih luas, bukan sekedar menghajar habis pasar yang sedang berkembang saja, namun juga tetap menjaga keseimbangan nya dengan usaha menjaga benteng pertahanan yang saat ini menjadi kekuatan utamanya, sekaligus mengerjakan peluang pasar baru (bagi perusahaan) yang dinilai berpotensi (contoh paling nyata di saat ini adalah Verza yang berusaha mengerjakan peluang sport entry level).

      Jadi jelas kan Bro, mana yang berorientasi jangka panjang, mana yang berpikir dengan logika pedagang, yang penting produk cepat abis, stok tipis, cashflow aman, setoran lancar, posisi jabatan tetap aman. Masalah jangka panjangnya bakal bagaimana, who cares??

      Mengenai mengelontor varian, tidak semuanya berjalan seperti apa yang Anda pikirkan, ambillah contoh Honda, Anda bisa melihat buktinya di pasar, apakah Merk Honda turun karena telah meggelontor Varian (banyak yang mengatakan Honda main keroyokan), apakah harga bekasnya ancur2an, bandingkan dengan bekas nya Yamaha, Apakah produk Honda banyak yang tidak laku??

      Menurut pendapat saya begitu Bro… Menurut Anda bagaimana? Senang berdiskusi dengan Anda.

      Mgkn Bro yang lain mempunyai pendapat yang lain?

  4. Thanks bro,sudah sudi mereply komentar saya. Saya juga sangat senang berdiskusi dg anda. Sekali lagi thanks.

    Ok. Back to topic. Begini bro,saya hanya ingin mengatakan bhw strategi yimm tentunya berdasarkan urgensinya,dan tidak berarti mengesampingkan sektor lain. Saat ini,yimm beranggapan bhw yg sangat mendesak adalah sektor matic. Karena penurunan market sharenya luar biasa tergerus ahm. So,sektor inilah yg harus segera di benahi. Dan telah kita ketahui bersama bhw yimm bgtu agresif di sektor ini di th 2013 ini. Dimulai dg mio j,soul,xeon rc,mio gt,dan kabarnya ttx segera meluncur. Mungkin yimm juga berpikir bhw sektor motor sport mereka masih aman di tahun ini.

    Mengenai strategi jangka panjang,bukankah yimm sdg meriset sport untuk th 2014? Dan mengenai r15,saya rasa yimm sdg wait and see. Tgantung penjualan nvl th ini.
    Kembali masalah strategi jangka panjang,pabrikan jepang mana yg meluncurkan matic lebih dulu? Yamaha kan? So,mempertahankan mmg lebih sulit drpd mengejar. Karena musuh jauh lbh tau kekuatan.

    Masalah perbanyak varian akan berimbas pd merk scr keseluruhan,saya hanya mengatakan “bisa”,bukan mutlak.
    Dan masalah harga second,kalo di kota saya tgntung variannya. Pada honda,yg harga secondnnya rendah adalah cs 1,supra fit,legenda,kharisma,dan supra 125 awal. Sedangkan pada yamaha adalah vega zr,new jupiter,nouvo. Maaf,saya tak punya data. Ini hanya berdasarkan omongan di masyarakat.
    Salam hangat.:-)

  5. Terima Kasih Bro… Diskusi semakin asyikkkkk!!!!!

    Nah, itu dia Bro,
    “YIMM berpikir bhw sektor motor sport mereka masih aman di tahun ini.”. Maka YIMM wait n see.

    wait n see, IMHO, bukan lah melihat sampai ada gejala turun baru action. Apalagi tunggu hingga tingkat urgensinya menjadi nomor satu baru diprioritaskan. Justru sebelum menjadi urgent harus sudah ditangani sehingga tidak pernah menjadi urgent. Mengerjakan sesuatu yang sudah urgent ibarat membawa seorang yang sakit ke ruang UGD, atau bahkan ruang ICU.

    Anda masih ingat?? 3-4 tahun yang lalu, YIMM juga “berpikir bahwa sektor matic mereka masih aman di tahun itu.”. (Tidak Urgent)

    3-4 Tahun kemudian, yaitu 2013 ini, saat semua kekuatan YIMM di matic telah luluh lantak, barulah mereka menggelontor habis2an di matic (Sudah Sangat Urgent). Hasil nya?? Anda lihat sendiri kondisi matic Yamaha saat ini seperti apa. Sedang berada di Ruang ICU dengan banyak sekali peralatan medis yang digunakan. Alat pacu jantung Xeon RC, Alat bantu pernafasan Mio GT, Infus Mio J, dan bahkan kabarnya mau mendatangkan alat canggih yang bernama TTX.

    Mengapa harus menunggu sampai sakit parah dan urgent baru diperbaiki?? Bukankah preventif JAUH lebih baik????

    Mau menunggu penampakan luar berupa sakit kepala luar biasa yaitu turun nya NVL baru diobati???? Atau mau cek darah, sehingga tahu kondisi badan nya seperti apa???? Memang kesulitan YIMM adalah tidak adanya ahli darah (pemimpin yang mampu melihat lebih dalam daripada sekedar turun nya penjualan). Karena kalau didasarkan pada MArket Share / Penjualan, maka tindakan YIMM akan selalu terlambat. Akan selalu mengerjakan hal – hal yang sangat – sangat urgent.

    IMHO, menurut saya begitu Bro. Bgmn menurut Anda??

    Mungkin ada Bro lain yang ingin berdiskusi????? Silahkan……

    • Yupz….Kesalahan terbesar YIMM adalah tidak adanya ahli darah disitu. Sejak kepemimpinan di ambil alih oleh dion, Yamaha indonesia dah brubah kayak kebo dungu…Dion tlah merubah karakter yamaha yang agresif seperti menghentikan produksi mesin legendaris 5t yg dipasang pada jupie burhan. Mengubah jupi burhan yg identik dg power n agresif serta kelincahan menjadi new jupiter yg elegan, mewah tapi boros n lemot. Mengubah mio smile yang seksi,ramping tapi anggun menjadi mio j yg berdesain cungkwok bin katrok.

  6. Ane sbgai pemakai ga ngurusin ky gtoan. . .lha ane lw bli mtor 5taun jual truz gnti lgi ga pduli merkny yg pnting usaha ane jalan(GA BUTA MERK). . .xixixi

  7. Memperbesar market sport artinya bagaimana menarik para penyemplak bebek untuk hijrah ke sport dan yang sudah nyemplak sport 3 tahunan segera ganti motor. Kalo buat narik yang matiker rada susah. Mindset matikers itu cari motor praktis. Maka langkah strategisnya ya cuma:
    a. Buat sport murah meriah (kita apresiasi langkah AHM nelorin Verza)
    b. Buat banyak pilihan motor sport supaya bikers yang sudah nyemplak motor sport tiga tahunan itu segera GANTI MOTOR !!!
    c. Langkah revolusioner: STOP bikin bebek atau minimal kurangi variannya Karena dulu bebek dibikin supaya lebih banyak orang Indonesaia mau naik motor termasuk perempuan dan supaya gampang gantungin belanjaan. Sekarang fungsi itu udah diambil matic yang bisa dinaikin siapa saja dan bisa bawa belanjaan lebih banyak dari bebek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s