Menunggu R-15 sama dengan menunggu EMBUN di GURUN SAHARA

Artikel dari Bro Genesis yang mengenai R-15, serta Jawaban dari petinggi YIMM saat Yamaha FI Workshop yaitu Pak Abidin (YIMM) Dari Blog Kang Iwan membuat Tukang Pipa makin penasaran untuk melakukan verifikasi mengenai kepastian apakah Roda R-15 akan menapaki aspal Tanah Air.

Langsung saja buat janji makan siang dengan teman baik Tukang Pipa yang adalah salah satu ordal YIMM. Jemput di cempaka putih, cari tempat lunch yang nyaman untuk ngobrol, pesan menu yang low fat, dan menu minum nya tentu saja jus buah tanpa gula, favorit Tukang Pipa. (Kok jadi ngomongin Makanan, He he he. Ok, kemba   li ke percakapan).

Sambil menunggu pesanan, kami mengobrol banyak hal soal bisnis roda dua saat ini dan prediksi ke depannya. Lalu masuklah percakapan ke kategori sport. Langsung saja Tukang pipa menanyakan, “katanya mau keluar R-15 ya?? Kapan nih?? Udah banyak yang menunggu loh. Kan Honda udah punya flagship di sport, masa Yamaha ga punya?”

“Dalam waktu dekat masih belum. Mereka lebih suka memaksimalkan line produksi untuk Vixion yang sudah pasti laku dan membantu Market Share.” Jawabnya.

“Iya sih Market Share emang penting, tapi kalau tidak ada flagship, suatu saat juga akan mentok, Vixion juga tidak akan sanggup kalau terus digencet Image Sport Honda yang terus semakin menguat.”

“Saya sudah sangat sering membicarakan hal ini ke BOD, tapi mental terus. Budget New Product nya diarahkan ke tempat yang urgent, matic” Jawabnya.

“Kan bisa import?” Saya kejar terus.

*mengangkat bahu* “Apalagi penjualan Vixion naik banyak Januari kemarin, makin kecil lah kemungkinannya.” Jawabnya sambil menyeruput kopi yang baru dikirim oleh waitres.

“Apakah menunggu hingga penjualan Vixion turun tajam baru mulai mempertimbangkan untuk memasukkan R-15??? Nampaknya sejarah kekalahan YIMM di Matic akan terulang di sport!” Kata saya dalam hati.

Percakapan terhenti, kami makan siang bersama. Selesai makan siang, saya antar balik ke kantor YIMM.

 

Jadi…… Bagi yang menunggu R-15, Ibarat nya sedang menunggu embun di gurun sahara…. Bisa mati kehausan Bro… Wkwkwwkwk

 

Salam,

 

Tukang Pipa

22 thoughts on “Menunggu R-15 sama dengan menunggu EMBUN di GURUN SAHARA

  1. Pertama sekali menyangkut SDM antara AHM dan YIMM, siapa yang mau membantah kalo ane bilang kualitas SDM AHM diatas YIMM ?????
    AHM dibawah naungan Astra bisa sesuka mereka transfer SDM kualitas andal dari group mereka, ya… contohnya aja si J.Loman yang sukses dengan Avanza-Xenia.

    Mengenai strategi AHM yang dikatakan trial error, ane rasa itu bukan trial and error, tapi planning mereka emang selalu dibuat kayak kue lapis, bila plan A tidak jalan maka plan B jalan dan seterusnya.
    mengenai segmen sport, ahm belum menusuk jantung segmen sport yimm, tapi max hanya akan membuat barisan sport yimm kocar kacir termasuk BOD YIMM yang pada ngak bisa tidur mikirin benteng pertahanan terakhir mereka lagi di bombardir, tapi mereka bicara kalo mereka lebih prioritaskan matik. Kalo sampe prestige trakhir jatuh, seluruh pasukan bakal lbh susah lagi utk membangun kembali imagenya, termasuk skutik.

    Kalo ane telaah lebih mendalam, sebenarnya konsen AHM tahun ini bukan hanya di sport, ane ulangi lagi “Bukan hanya di Sport”. tapi semua planning tahun ini sdh terintegrasikan dalam “Grand Strategy” tahun ini. YIMM sdh digiring ke sudut ring, mau tak mau harus meladenin permainan AHM (contoh jelas Xeon RC, brojol banyak model, diskon harga dan update model lainnya lebih dini drpd AHM).

    Skrg kembali lg ke SDM, mampukah SDM YIMM meladenin SDM AHM yg lebih prof dan lebih menguasi medan pertempuran?

    • Setuju sekali dengan komen Anda Bro.

      Strategy AHM seperti kue lapis. Jab – Jab tipuan yang dilanjutkan upper cut telak membuat YIMM kehilangan kendali permainan dan tersudut, hanya berusaha bertahan tapi selalu menggunakan cara bertahan yang seperti itu2 terus, tidak pernah memikirkan terobosan baru. Mungkin Anda benar problem nya SDM.

      Semoga saja YIMM bisa lekas berbenah, karena tanpa pesaing AHM akan mendominasi pasar, tidak akan lagi muncul produk2 value tinggi yg dibanderol harga ekonomis.

    • setuju banget gan..

      tapi kalo ahm membuat blunder.. bisa dikatakan sengaja untuk memancing yimm lebih mem blunder kan.. kan sudah terjadi dari beberapa produk Y

      bisa dibilang yimm hanya mengandalkan hoki.. sedangkan strateginya.. dah mentok.. walo ada yg bilang hanya SANDIWARA.. padahal beneran dah GALAU

      • @pengamat
        SANDIWARA…???
        Klo gak salah itu omongan blogger terkenal deh gan yg hobinya miara montor DOHC OVERBORE tapi klo bikin artikel slalu montor sohc operstrok lemot teknologi M1 yg dipuja2….!!!

  2. yach ada benernya juga sich,

    sptnya mereka fokus ke segmed midsport yg ngemuk, dan medannya dah mereka kuasai.

    jadi mereka fokus di segment ini dan produk vixion ini .

    yg dihadapi yamaha kedepan bukan hanya honda tapi juga kawasaki.

    menghadapi kawsaki jelas bukan tugas ringan, karena image kawasaki dah kuat sekali dan punya modal yg sama-sama kuat

    hadapi honda mungkin tugas ringan di segment premium sport 150 cc 250 karena modal dah kuat.

    analisa saya sich IMHO,

    r15 baru diturunkan kalu kawsaki keluarkan 150 cc sport yg model kaya n250 fi, karena jelas ini lawan beratnya, bukan cbr 150 honda.

    kalu 150 kawaksai keluar dgn model n250 fi, alamat ms sport yamaha tergerus, dan ini yg dihindari.

    nah kita tinggal tunggu kawasaki keluarkan ni motor baru yamaha terpaksa keluarkan r15

  3. yach walupun bisa saja strategy berubah ditengah jalan,

    namun melihat sampia akhir tahun depan kondisi ms sport ymh diprediksi msh akan diatas honda, spt nya u/2014 juga msh ngak jelas.

    strategi bisa merubah melihat kondisi pasar maticnya, apakah naik , stagnan atau tambah turun.

    kalu matic stagnan atau turun, bisa saj r15 msk u/ memperbaiki kondisi ymh

  4. Intinya, SDM YIMM saat ini belum dapat membaca dan mendeteksi gerakan AHM, bila sudah hampir TKO di sudut ring baru teringat R15, tapi sudah terlambat.

  5. kata siapa nunggu embun….lha bocoranmu cuma Hoax doang…..

    yg 31113 aj HOAX banget…jgn2 yg lho ajak ngobrol OB yg kerja Di yamaha……

    Next Year,ini sumber terpercaya…

  6. aku harap sih, R15 meluncur bukan karena vixion sepi peminat, tetapi memang benar2 didasarkan memberi kepuasan pada penikmat motor sport tanah air. YIMM, jangan takut R15 bakal ga laku, tapi brojolin aja and wait and see!

      • ga sejauh itulah. inget ini pabrikan No. 2 di Indonesia. No 2 loh bro…
        dan yamaha kan bukan cuma pabrikan lokal indonesia,alias global. daripada keluar duit milyaran buat tempel sticker di moto GP, (termasuk panggil ridernya) jauh lebih baik buat biaya ngelokalin R15. drpd matic mlulu, mana cuma gonta-ganti baju lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s