BOCORAN Kondisi Xeon RC di Pasar

Melihat penempatan harga Xeon RC dan gencar nya iklan nya di Televisi, tampak sekali bahwa sangat besar harapan YIMM untuk strike back melalui produk yang satu ini. Barangkali impian terbesarnya adalah mampu membendung laju Vario, untuk kemudian menyerang balik melalui New Matic 125 yang sudah dipersiapkan saat ini.

Namun, seringkali memang kenyataan tak seindah impian. Mungkin beratnya beban mental yang harus ditanggung Produk ini membuat nya tidak bisa ngacir secepat iklannya di Televisi. Hue he he he.

“kenyataan di pasar berkata lain” Jawab rekan saya yang merupakan seorang petinggi Yamaha.

“saat ini stok di dealer mulai menumpuk, belum lagi di gudang YIMM ataupun Main Dealer. Untuk sebuah produk baru, animo nya dapat dikatakan sangat kurang.” Lanjutnya dengan wajah lelah.

Baru beberapa kata saya lontarkan untuk memberi nya semangat, Handphone nya berbunyi. Setelah percakapan pendek, telepon diakhiri.

“Dipanggil meeting” katanya singkat.

“Meeting?? Apalagi yang mau dimeetingkan?? Paling juga cuma begitu2 saja!” Saya tahan kalimat ini agar tidak terucap. Dia sudah sangat tertekan dengan kondisi Yamaha saat ini, saya tidak ingin membuatnya lebih stress lagi.

Bunyi handphone tadi mengakhiri acara makan siang kami.

Obrolan berhenti sampai di sana, namun sebuah Bocoran penting telah saya dapatkan.

Pulang dari sana, saya sengaja mampir di beberapa dealer Yamaha untuk crosscheck mengenai kondisi Xeon RC, dan memang sesuai info dari rekan saya itu, Xeon RC ready stok di dealer, tidak indent, bahkan di salah satu dealer saya melihat lebih dari 1 unit untuk setiap varian warna.

Bagaimana dengan kondisi nya di wilayah Bro masing2? Silahkan share di sini.

 

 

Salam,

 

Tukang Pipa

37 thoughts on “BOCORAN Kondisi Xeon RC di Pasar

  1. ane liat di beberapa dealer, xeon RC justru dipajang di belakang… yang di depan hanya soul gt mio gt dan mio j baru. sayang sekali, padahal tebeng depan xeon RC sangat eye catching…

  2. strategi distribusi yg salah & masih tidak ada koordinasi antara data / keinginan konsumen dgn pengambil keputusan di YIMM yg mengakibatkan kedodorannya sales garda depan ( dealer ). Meeting hanya berdasarkan data di atas kertas bukannya berdasarkan informasi dari sales garda depan ( dealer ). Data yang salah dibaca ya hasilnya juga salah

  3. @ Bro fnaufala
    Info yang saya dapat dari rekan yang lain juga begitu Bro

    @ Bro Mile
    Nah itu semakin menunjukkan melencengnya implementasi sbg hasil ketidak-sinkronan antara yang di pusat dan yang di garis depan.

    @ Bro Boncel66
    Setuju sekali. Rekan saya beberapa dealer juga banyak mengeluhkan hal yang sama. Suara A tanggapannya Z.

    Mgkn Bro Boncel punya info yang lebih mendalam mengapa data yang digunakan untuk meeting pusat “hanya berdasarkan data di atas kertas, dan tidak menginformasikan keadaan sebenarnya dari sales garda depan (dealer).” ?????

  4. Gak tau kalau total penjualan scara nasional bro,tp jujur menurut sya stelah keluarnya xeon rc,justru ni mtor palah udah bnyak brkeliaran di pedalaman,yg mana sblumny jarang yg punya xeon,tp skrg udah mulai bnyak yg punya, gak tau bro kalo di daerah sampean sana,

  5. kondisi di Jawa Tengah – DIY skrg ada program DP 1 juta buat matic en bebek Yamaha….silahkan dicrosscheck dilapangan sendiri…uda byk spanduk en pamflet yg disebar

          • wkkwkwk…khan masih ada subsidi leasing bro…kalo gak ya pake pembiayaan lain kayak sekarang pinjem duit di kospin ato gesek tunai kartu kredit baru dicicil jatuhnya lbh murah dibanding leasing hehehehehe

            • Kalau leasing disuruh subsidi terus lama2 tekor Bro. Kl udh tekor pasti pilih support merk sebelah krn jualan lebih gedhe jadi leasingnya bs biayai lebih banyak, faktor resiko mengecil. Kalau udh ditinggal ama leasing, trus nyari siapa Bro… He he he. Kemampuan kospin maupun gesek tunai tidak besar, terlalu jauh dibanding leasing.

  6. coba dibkin varian warna yg elegan…misalnya gak full colour…tpi pake emblem aja….mustinya yamaha gak usah berpaku ama dna racing aja…gak smua suka warna nano-nano…..segmennya terlalu sempit…coba dibkin kaya soul GT,,, yg gak full colour…warna elegan…usung kenyaman…dan durabiliti…

    • Sependapat, xeon dari awal sudah membosankan tampilannya. kubikasi yang lebih besar tapi tidak ada feel kelebihan yang diberikan dari pada yang 115cc.., alias nggak ada bedanya sama mio.
      harapan saya xeon tidak ditongolin semenjak awal. tapi terlanjur nongol ya harapan suntik mati, eh masih aja dipertahankan. Prediksi awal udah terbukti. prediksi selanjutnya masih sama, tidak akan banyak disuka konsumen.

  7. Ares@ Setuju dg analisa anda. Seharusnya ada pembeda yg tegas dg matic dibawahnya. Bukan cm kubikasi. Seharusnya tampilannya all new,dan dibuat lbh elegan. Sedangkan yg ingin tampilan racy,yimm segera hadirkan nouvo sx. Sementara yg ingin elegan plus klasik,filano adalah jawaban tepat. Tapi ga tau ya…mgkn yimm punya strategi yg msh disimpan. Xeon rc hanya berfungsi mengganggu vario 125,bukan mengalahkannya. Memang harus diakui,yimm tll terlambat dalam menyerang matic2 ahm. Jikalaupun yimm bisa melawan,itu perlu waktu lbh dr 2 thn. Itupun dg catatan ahm juga terlena.

  8. Wakakakaka…
    Xeon..? Gak lama lagi akan nyungsep lagi tuh metic..
    Bukan cuma masalah desain, tapi juga kelakuan dealer2 yamaha sendiri..
    Bayangin aja, banyak dealer yang melakukan penipuan dengan menjual xeon rc lebih mahal daripada xeon karbu, dengan alasan yang mengada-ada, “karena xeon rc udah injeksi”
    Nah, orang yang tahu berita dan biasa buka internet jelas ogah membeli barang yang seharusnya murah tapi dijual lebih mahal, konsumen yamaha gak banyak yang mau di tipu coy..

      • Info mas, saya ngalamin di daerah kaltim, lebih tepatnya daerah sekitaran loa janan. Kemaren pas saya main2 ke dealer yamaha cari oli, saya liat xeon rc satu di pajang di depan dan beberapa lagi di dalam dealer. Harganya g jauh beda dari yg karbu. Disini kena sekitar 17 jt an, dari dulu, dari yg karbu sampe yg rc. Harganya di pajang di motor dan di list harga motor.

  9. Memang petinggi Yamaha tidak mau mendengar FBY, jangan dikeluarkan produk ini, pasti akan sia-sia, karena tidak ada yang bisa dibanggakan, melirik saja tidak. Lha wong buat produk nanggung, seharusnya ngaca dong ada Vario yang jelas jelas jadi idola, bisa-bisanya keluarin produk kadaluarsa. Ayo buat produk yang seimbang dng Vario….ayo–ayo

  10. kalo xeon memang ane gak bisa comen…..ntah kenapa penjualannya gak sebagus mio dkk apalagi di banding vario 125……xeon mirip kasus suzuki spin…….barang kualitas bagus tapi entah kenapa gak banyak yg suka……..atau kawasaki zx 130 to juga barang kualitas bagus tapi juga gak banyak yg suka……atau suzuki arashi yg kualitasnya di atas shogun dan supra 125 sekali pun juga gak banyak yg suka…….atau honda cs1 matius….to juga bagus….sayang mungkin overprice…..market indo benar2 beda……

  11. Info mas, saya ngalamin di daerah kaltim, lebih tepatnya daerah sekitaran loa janan. Kemaren pas saya main2 ke dealer yamaha cari oli, saya liat xeon rc satu di pajang di depan dan beberapa lagi di dalam dealer. Harganya g jauh beda dari yg karbu. Disini kena sekitar 17 jt an, dari dulu, dari yg karbu sampe yg rc. Harganya di pajang di motor dan di list harga motor.

  12. sudah banyak yang tersakiti oleh old xeon,termasuk saya, mulai dari kunci kontak sering macet, suspensi keras,bbm boros,cairan radiator yang bercampur oli.asli bikin kapok nich motor,so setelah lunas cicilannya langsung saya jual,ee malah susah peminatnya,…ya terpaksa saya jual ke pedagang mokas dengan harga yang anjlok

  13. Saya setuju dg beberapa pendapat mas bro di atas. Di samping keluarnya telat, menurut saya warnanya terlalu rame. Padahal xeon harusnya diposisikan di atas mio series atau soul gt, tp dg warna yg kayak skr menurut saya malah jauh lebih elegan dan keren soul gt. Coba bilang YIMM buat ngeluarin xeon dg warna yg lebih elegan supaya bapak bapak & ibu ibu nggak malu makenya, saya yakin xeon bisa lebih diterima di pasaran.

  14. Setahu ane yamaha baik” aja.. Kualitas ttep diutamakan. Klo da msalah tinggal complain x, bukti’y market complain plg sdikit yamaha. Petinggi yamaha siapa y yg ngeluh? Info’y yg akurat bro..

Leave a Reply

